WELCOME TO CANDRA PRATAMA JIHAN BLOG

Selamat membaca isi dari bloger ini.Mungkin ada yang bermanfaat di dalam bloger ini...

.......GOOD LUCK......

Senin, 09 Januari 2012

Fenomena Alam Badai Matahari 2012 dan Dampaknya Bagi Bumi

Berita tentang Fenomena Alam yang berkaitan dengan Badai Matahari yang diprediksikan terjadi pada tahun 2012 ini menjadi hangat diperbincangan masyarakat, berbagai dampak terhadap bumi yang menjadi kekhawatiran oleh masyarakat, tapi kembali kepada diri kita sendiri, dari berbagai prediksi yang diungkapkan, sepenuhnya hak kita mau percaya atau tidak, dan kembalikan semuanya kepada Yang Maha Kuasa. Selain itu, Badai Matahari 2012 sering disangkut pautkan dengan ramalan yang dulu sempat memlambung, yaitu tentang ramalan Kiamat terjadi pada tahun 2012. Tetapi pada berita kali ini, AprieBN.com tidak akan memprediksi ataupun meramal kapan tepatnya akan terjadi Badai Matahari dan Kiamat Dunia, tetapi yang akan dibahas yaitu Dampak Badai Matahari pada Bumi.

Badai Matahari 2012

Badai Matahari 2012
Solar Storm – Sebenarnya apa sih badai matahari itu, lalu apa perbedaan badai matahari 2012 dengan badai matahari sebelum-sebelumnya? Jadi menurut wikipedia badai matahari atau solar flare didefinisikan sebagai berikut:
Badai matahari adalah sebuah ledakan tiba-tiba yang bisa dilihat di permukaan matahari, yaitu diartikan sebagai pelepasan energi yang besar mencapai 6×1025 joul (sekitar seperenam dari output energi matahari per detik).
Perbedaan Badai Matahari 2012 dengan badai matahari sebelum-sebelumnya menurut kompas bahwa badai matahari 2012 tergolong badai matahari biasa. Lalu yang tidak biasa seperti apa? Astrofisikawan Lembaga Penerbangan dan Antarika Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin mengatakan:
Badai Matahari digolongkan menjadi kelas A, B, C, M, dan X. Kelas X merupakan yang terbesar. Badai Matahari yang muncul bulan Desember lalu hanya pada kelas C dan B, dan ada beberapa yang kelas M.
Artinya ada badai matahari yang ledakannya lebih besar dari badai matahari 2012, dan kapan terjadinya hanya Yang Maha Kuasa yang mengetahui. Tetapi, yang pasti badai matahari yang tidak biasa itu memiliki dampak yang mungkin lebih besar bagi bumi kita ini.
Apa dampak Badai Matahari 2012 terhadap BUMI?
Sebenarnya jika kita belajar dari sejarah, badai matahari sudah pernah terjadi pada tahun 1959 dan 1989. Pada tahun 1259 badai matahari tidak begitu berdampak pada aktifitas kehidupan di bumi, karena pemakaian listrik yang sangat minim. Tetapi, pada tahun 1989 badai matahari mulai dirasakan, yaitu enam juta orang hidup tanpa listrik, itupun tidak berlangsung lama, hanya sembilan jam.
Isu kiamat 2012 yang sempat ramai diperbincangkan membuat beberapa orang menghubung-hubungkan dengan fenomena badai matahari 2012. Tetapi hal yang sebenarnya terjadi, menurut Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin:
“…dalam kondisi maksimum itu dapat mengganggu manusia, terutama pada teknologi antariksa,”
artinya teknologi yang memakai satelit akan terganggu seperti telepon terputus, siaran radio, dan televisi menjadi rusak, bahkan internet sekalipun.
Bagaimana kita mensikapi Badai Matahari 2012?
Sebagai mahluk yang beriman kita sepantasnya lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, maksudnya, apapun hal-hal yang nantinya terjadi kita tetap percaya bahwa kiamat hanya ada pada-NYA dan DIA-lah yang mengetahui hari itu terjadi.
Sepantasnya kita menanggapi isu-isu tentang badai matahari 2012 disikapi secara wajar, jika dulu orang-orang terbiasa tidak memakai listrik, dan mereka bisa, kenapa kita tidak? istilah kerennya back to nature. Hal yang pasti akan paling dirasakan jika badai matahari 2012 membuat satelit lumpuh adalah sharing informasi.
Sekarang kita bisa memperoleh informasi begitu mudahnya, internet menjadikan lalu lintas informasi sangat cepat. Mungkin jika nanti kita tidak bisa memakai internet, tv, atau radio sekali pun informasi yang beredar akan seperti dulu memakai koran. Itu pendapat saya tentang badai matahari 2012.

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Template by : kendhin x-template.blogspot.com