WELCOME TO CANDRA PRATAMA JIHAN BLOG

Selamat membaca isi dari bloger ini.Mungkin ada yang bermanfaat di dalam bloger ini...

.......GOOD LUCK......

Minggu, 26 Februari 2012

Trend Gresh Matic Racing Look: AKSI TEKUK MAINTUBE

Trend Gresh Matic Racing Look: AKSI TEKUK MAINTUBE Seakan nggak akan pernah berhenti berkreasi, kini sang maestro airbrush grafis Climax Team dari Kota Kandangan Jawa Timur turut menyumbang trend baru di ranah Racing Look modify. Nggak hanya mentah-mentah ngekor trend yang telah ada, aura baru di jagad Matic Racing Look telah berhasil doi hembuskan. Kali ini sektor rangka jadi ubahan.


Coba lihat aja pada 3 matic karya terbarunya yang  bergaya racing abis bertapak roda ceking 17”, tampak beda pada sudut rangka utama maintube yang makin menyempit sehingga menyajikan posisi stang kemudi yang lebih dekat dengan sang driver. Hasilnya  dekapan kemudi makin dekat ke badan dan mantap dikendalikan, tentu saja mampu mendukung performa saat memacunya di arena balapan liar.

“Dengan posisi stang yang kuambil ide dari motor karapan ini, dahsyatnya tenaga mesin lebih mudah dijinakkan, motor jadi nggak mudah lepas kendali,” ungkap Doni Climax, sang maestro airbrusher yang kini lagi terjangkit virus Racing Look itu.

Idenya memang dari rangka pada motor karapan baik bebek maupun sport di ajang dragbike yang mengharuskan penataan ulang posisi jok dan stang kemudi. Berbeda dengan matic, berhubung desain rangka berbeda dengan posisi mesin di belakang, maka aksi tekuk maintube ini dirasa cara paling tepat.

Nggak perlu lagi menata ulang posisi jok dan stang kemudi, cara tersebut dinilai cukup praktis. Untuk mewujudkannya, rangka utama matic dibengkok’in dengan bantuan dongkrak mobil yang dihubungkan antara as roda depan dan sudut rangka bawah. Biar lebih mudah, bagian yang ditekuk harus dipanasi dulu dengan bara api las.

Yang harus diperhatikan adalah setelah proses pemanasan tersebut, diharamkan untuk mencelup rangka dalam genangan air agar struktur mikro rangka tidak menjadi getas yang mengakibatkan rangka tersebut lebih mudah patah. Cara lain yang lebih praktis langsung aja serahin ke tukang center bodi, pasti udah paham yang kita maksud.

Konsekuensinya saat pake gaya ini, cover maintube dan footboard wajib dilepas. Untuk Mio Ijo besutan Kheysava dan Mio orange besutan Komenk Bariklana ini tentu saja nggak ada masalah cus udah bergaya trondol abis.

Tapi untuk Mio kuning besutan Yayan ini perlu membuang sebagian besar bidang cover bodi maintube yang menempel langsung dengan rangka agar footboard dan sayap samping masih tetap terpasang.  Keep spirit, kibarkan terus modifikasi khas Indonesia!

DESAIN INSPIRASI MODIFIKASI: FRESH DI TAHUN BARU

DESAIN INSPIRASI MODIFIKASI: FRESH DI TAHUN BARU









  



  Bisa dibilang motor-motor yang keluar di pertengahan tahun 2011 ini bakal ramai dipakai di penghujung tahun 2012 sampai nanti bakal muncul produk barunya. New Yamaha MX, New Yamaha Scorpio Z, Honda New Supra X 125, New Honda Blade, Otre coba utak-atik dengan konsep desain yang bakal menggugah ide modifikasi kamu. Tampilan gahar sampai trend transfer bodi cocok buat motor-motor baru ini, simak aja deh. | neo

NEW YAMAHA SCORPIO Z- STREET FIGHTERSudut-sudut Scorpio baru ini masih tidak berubah dari bentuk aslinya yang lebih cenderung mengotak. So buat tampil dinamis dan sporty bak petarung jalanan tambahan cover bersudut tajam wajib ditambahkan. Terutama di shroud samping kiri-kanan, cover batok lampu depan, dan ubahan di ekor belakang yang dipangkas sisi bawah agar meruncing. Tampil maksimal kaki-kaki disumbang pelek berdiameter lebar dari moge dan tambahan knalpot besarnya. 

SOK USD: Rp 1,5-2 juta
PELEK MOGE: Rp 7 juta
BODYWORK    : Rp 2 juta
ONGKOS: Rp2-3 juta

HONDA NEW SUPRA X 125 HELM IN- FUNKY BIKE
HONDA NEW SUPRA X 125 HELM IN- FUNKY BIKE
FUNKY BIKE
Lekuk bodinya yang rounded mirip dengan Honda Absolute Revo lama. Konsep yang tepat di besutan seperti ini diubah disisi kaki-kaki saja. Pasangan pelek ceking dengan balutan warna krom dan tampilan ceper sudah cukup emmbuat wajah New SPX ini tampil bak mothai. Sedang wajahnya cukup dibuat sipit lampu depan dan warna striping diubah makin cerah dengan kelir oranye dan kuning.

PELEK ZIPP: Rp 500 ribu
CAKRAM VARIASI: Rp 200 ribu
MONOSOK: Rp 200 ribu
SWINGARM: Rp 500ribu
KROM: Rp 1,5juta
ONGKOS: Rp 1 juta

NEW YAMAHA JUPITER MX 2011-SUPERMOTO
NEW YAMAHA JUPITER MX 2011-SUPERMOTO
SUPERMOTO
Sudah sejak awal desain Jupiter MX selalu menawan, tidak perlu banyak ubahan buat membuatnya tampil keren. New Jupi MX dengan bentuk yang makin mengerucut, sosoknya bisa diubah menjadi beberapa model. Yang ini gaya supermoto simpel, tanpa banyak mengubah lekuk bodynya. Cukup tambahkan plat nomor disamping cover bodi ekornya dan sedikit dibelah lampu depan agar nampak beda. Sisi bawah pasang dengan pelek lebar berkaret ban aspal. Seting kaki depan dengan suspensi lebih besar dan lengan ayun yang makin kokoh.

KAKI-KAKI MOGE: Rp 5-10 juta
ONGKOS: Rp 2-3 juta

HONDA CBR 250-SUPERBIKE
HONDA CBR 250-SUPERBIKE
SUPERBIKE
Sport bike Honda yang mengeluarkan seri 250 dan 150cc sudah jaminan tampil keren. Sosok bodinya yang ramping cukup dikreatifi dengan memanfaatkan kaki limbah dan pasangan bodiwork yang juga tampil ramping dan kompak. Pasang dengan ekor single seataer yang lebih pendek dan cover radiator depan yang besar cukup membuatnya nampak garang bak besutan di arena superbike.

KAKI-KAKI MOGE: Rp 7-10 juta
BODYWORK CUSTOM: Rp 2 juta
ONGKOS: Rp 2-3 juta

HONDA NEW BLADE-TRANSFER BODI
HONDA NEW BLADE-TRANSFER BODI
KONSEP NEW BLADE
Ada 2 model desain yang cocok dipakai di Honda New Blade. Lekuk bodinya yang lebar namun berdesain sporty sangat mudah diubah berbagai model konsep. Style yang lagi ngetrend yaitu gaya Transfer bodi cukup dengan mengganti batok lampu atas dengan model buta dari Blade lama atau Honda Beat. Selebihnya sisi bawah yang cakep dengan paduan kaki blink, monosok dan cakram lebar.

PELEK SPRINT: Rp1-1,5 juta
CAKRAM: Rp500ribu
KROM: Rp1-2juta
ASESORIS: Rp 1,5juta
ONGKOS: Rp 1juta

HONDA NEW BLADE-JDM STYLEGaya JDM yang lagi ngetrend di aliran pemula modify juga mudah diterapkan di Honda New Blade. Tinggal berburu kaki-kaki dengan warna cerah dan mengikuti warna striping, si Blade baru ini tampil menawan.

PELEK HELLAFLUSH: Rp 1-1,5 juta
CAKRAM LEBAR:     Rp 500ribuTABUNG SOK: Rp 250ribu
KNALPOT KARBON: Rp 250ribu
SOKBREKER BLK: Rp 300ribu
ONGKOS: 1 juta

Facebook Tak Asik Lagi

IPO Facebook Lahirkan Ribuan Jutawan    Facebook yang semula menjadi alat untuk menjalin persahabatan di dunia maya kini kondisinya berkebalikan. Menurut survei Pew Internet and American Life Project, pengguna layanan jejaring sosial itu semakin tidak bersahabat.
Salah satu faktor yang membuat anggota Facebook jadi pilih-pilih teman karena semakin banyaknya jumlah pengguna jejaring sosial tersebut. Mereka juga menghilangkan profil yang dianggap terlalu pribadi dan memutuskan pertalian pertemanan dengan beberapa orang.
Dari riset yang dilakukan melalui telepon kepada 2.277 orang Amerika dewasa yang menggunakan Facebook, 63 persen dari mereka telah menghapus beberapa nama dari daftar pertemanan.
Sebanyak 44 persen menghapus komentar yang dibuat temannya pada profil mereka. Sementara 37 persen dari jumlah itu menghapus nama mereka dari foto-foto yang di-tag.
Dari jumlah yang sama, sebanyak 67 persen perempuan menyatakan mereka telah mengatur kontrol privasi media sosial pada tingkat yang paling tinggi. Sementara para pria yang melakukan tindakan serupa sebanyak 48 persen.
Kendati ada yang mengatur privasi akun Facebook-nya sedemikian ketat, masih ada 20 persen dari pengguna jejaring sosial ini yang memilih pengaturan supaya siapa saja dapat melihat profilnya.
Kesimpulannya, survei Pew Internet and American Life Project menunjukkan sekitar dua pertiga pengguna Internet menggunakan jaringan sosial. Mereka semakin sadar akan keamanan data pribadi yang ada di dalamnya, sehingga harus memilih siapa saja dapat menilik akun Facebook, Google+, dan Twitter-nya.

  Keistimewaan Facebook

 Facebook memberikan keistimewaan bagi para selebritas dan tokoh publik untuk menggunakan nama samaran di akun mereka. Caranya, mereka tinggal memverifikasi akun dan mendaftarkan alternatif nama yang diinginkan.
Mengutip laporan Cnet, Senin, 20 Februari 2012, langkah ini dilakukan untuk mencegah penipuan dan aksi para peretas yang mencoba membobol akun orang-orang terkenal itu.
Facebook akan memberlakukan program verifikasi akun tersebut mulai pekan ini. Selebritas yang mendapat kesempatan pertama untuk menggunakan nama samarannya adalah Lady Gaga.
Menurut Facebook, fitur ini memungkinkan para fans lebih mudah mengakses akun penyanyi, seperti Lady Gaga, ketimbang menggunakan nama aslinya, Stefani Germanotta.
Bagi orang terkenal yang ingin memanfaatkan fitur verifikasi nama samaran ini, dapat mendaftar melalui akun mereka dan memasukkan foto yang tertera di kartu identitasnya. Dari sini, Facebook kemudian akan menyetujui atau tidak menyetujui nama samaran yang diajukan.
Program verifikasi akun ini sejalan dengan layanan berlangganan yang memungkinkan setiap pengguna Facebook mendapat informasi terbaru tentang selebritas atau tokoh yang mereka kagumi.

Melahirkan Jutawan Baru

 LUAR biasa! Mungkin dua kata itu cocok untuk menggambarkan pengaruh dari rencana penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO) raksasa jejaring sosial Facebook Inc.
IPO perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini diperkirakan bakal melahirkan ribuan jutawan baru.
Calon-calon jutawan baru ini merupakan para karyawan Facebook yang akan punya saham melalui Employee Stock Ownership Program (ESOP) setelah IPO. Pelaksanaan IPO Facebook sendiri diperkirakan terlaksana pada Mei 2012. Target peroleh dana dari IPO Facebook ini tidak tanggung-tanggung, ditargetkan sekitar 10 miliar dollar AS atau sekitar Rp 90 triliun.
Menurut berita yang dilansir Dailymail, kabar gembira ini sudah menyebar ke seluruh karyawan Facebook. Mereka sudah menyiapkan berbagai rencana untuk membelanjakan uangnya tersebut. Banyak rencana yang dibuat para calon jutawan baru ini yang dinilai tidak masuk akal. Salah satunya adalah keinginan mereka menikmati jalan-jalan ke luar angkasa.
Meskipun berpotensi menjadi jutawan dari bagian sahamnya, namun belum tentu meraup uang sebanyak yang diperhitungkan saat itu. Sebab bagaimanapun tergantung dari hasil penjualan sahamnya nanti saat pelaksaan IPO. Tidak menutup kemungkinan, harga sahamnya nanti tidak akan seperti yang diprediksi selama ini. Apalagi IPO itu dilakukan di tengah kondisi pasar yang belum kondusif seperti sekarang ini. Bisa saja target dananya dipangkas atau bahkan IPO ditunda.
Belum lagi, saham yang akan didapat oleh karyawan harus ditahan minimal selama enam bulan, sebelum bisa dijual dan dicairkan. Hal tersebut tercantum dalam dokumen IPO yang diserahkan Facebook kepada Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat (AS) pekan lalu.
"Sudah ada diskusi mengenai ide para karyawan yang dikumpulkan mengenai hal-hal yang mereka inginkan dan bisa mereka dapatkan nanti," kata salah satu karyawan Facebook yang sudah bekerja sejak 2005, tak lama setelah perusahaan itu didirikan.
Bahkan, pria yang tak ingin disebutkan namanya itu sudah memesan tiket untuk perjalanan ke luar angkasa senilai 200 ribu dollar AS atau sekitar Rp 1,8 miliar dari Virgin Galactic, salah satu perusahaan yang mengembangkan wisata luar angkasa. Ia memprediksi akan bisa mendapat saham Facebook senilai 50 juta dollar AS atau sekitar Rp 450 miliar setelah IPO. "Jika IPO itu terjadi, uangnya pasti akan mengalir masuk. Ini sudah impian sejak kecil," katanya ketika ditanya soal wisata luar angkasa.
Beberapa karyawan lain memilih untuk berwisata secara normal, seperti bepergian ke luar negeri dan tempat-tempat eksotis di belahan dunia.
Penawaran saham perdana Facebook ini diprediksi menjadi yang terbesar di antara perusahaan teknologi informasi sepanjang sejarah Wall Street, juga menjadikan Zuckerberg masuk sepuluh besar orang terkaya di dunia.
Seperti diketahui, Facebook sudah menyerahkan dokumen keperluan IPO Rabu pekan lalu. Atas aksi korporasi tersebut, perusahaan diperkirakan bisa meraup dana 10 miliar dollar AS atau sekitar Rp 90 triliun. Nilai perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan kawan-kawan ini ditaksir sekitar 75-100 miliar dollar AS atau sekitar Rp 675-900 triliun.
Facebook dikabarkan telah memilih Morgan Stanley untuk menjadi penjamin emisi utama alias lead underwriter untuk aksi korporasi jual saham tersebut. Goldman Sachs juga diperkirakan punya peran penting dalam IPO ini

Melawan Rasa Bosan Saat Berpacaran dan Bebas Sters Setelah Putus Cinta

 Melawan Rasa Bosan Saat Berpacaran

  Rasa bosan seringkali melanda saat umur hubungan cinta sudah cukup lama. Namun rasa bosan itu bukan menjadi alasan tepat untuk memutuskan hubungan begitu saja dengan si dia, apalagi berselingkuh. Lebih baik atasi rasa bossan itu.

Ada beberapa cara untuk mengatasi rasa bosan dalam hubungan cinta, ini beberapa di antaranya.

1. Mencari kegiatan lain

Ubah kegiatan yang biasa Anda lakukan bersama pasangan. Jika Anda biasanya hanya menghabiskan waktu dengan menonton bioskop, jalan ke pusat perbelanjaan dan makan malam, coba cari kegiatan lain. Bermain ke taman hiburan, berolahraga bersama atau sekedar menyelesaikan mainan puzzle yang rumit bersama mungkin akan mengembalikan perasaan dan ketertarikan Anda terhadap pasangan juga hubungan.

2. Merencanakan kencan istimewa

Rasa bosan juga bisa datang karena Anda dan pasangan terlalu sibuk dengan urusan masing-masing. Sehingga rasa ketertarikan seperti yang terjadi di awal hubungan semakin lama semakin hilang. Coba pilih tanggal istimewa (misalnya tanggal memulai hubungan), lalu rencanakan kegiatan bersama pasangan. Misalnya merancang makan malam romantis, namun hidangannya dibuat oleh Anda dan pasangan. Kemesraan pasti akan kembali terjalin.

3. Kejutan

Siapapun menyukai kejutan. Coba kejutkan pasangan Anda dengan kartu berisi kata-kata manis, pesan singkat romantis atau hadiah kecil yang istimewa. Kejutan itu akan memanaskan kembali api asmara Anda yang mulai padam.

4. Memiliki kegiatan dengan sahabat
Mungkin saja Anda dan pasangan terlalu sering menghabiskan waktu bersama, sehingga rasa bosan timbul. Ada baiknya Anda dan pasangan kembali melakukan kegiatan dan hobi masing-masing bersama sahabat. Saat Anda berbeda kegiatan, rasa rindu akan timbul. Saat bertemu kembali, rasa bosa tak lagi terasa.

Intinya, carilah aneka kegiatan lain untuk menghidupkan kembali perasaan cinta Anda. Jangan sampai rasa bosan itu justru menuntun Anda ke jalan yang salah. Jika segala usaha sudah Anda lakukan, namun rasa bosan itu tetap muncul, ada baiknya Anda dan pasangan duduk bersama untuk melakukan introspeksi terhadap hubungan.

Bebas Sters Setelah Putus Cinta

Jangan sampai perpisahan Anda dengan mantan kekasih mengakibatkan kesedihan yang berlarut-larut juga stres yang berkepanjangan. Anda harus bangkit dan kembali menjalani hidup. Ini kiatnya.

Menerima
Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah menerima keputusan yang sudah dibuat. Saat memutuskan berpisah, Anda dan mantan kekasih pasti sudah melewati banyak fase dan memiliki beragam pertimbangan. Untuk itu terimalah keadaan ini.

Jaga jarak
Hal ini bukan bertujuan untuk memutuskan tali silaturahmi. Namun setelah putus, sebaiknya Anda dan kekasih menjaga jarak terlebih dahulu. Kondisi emosional Anda dan dia belum stabil. Jangan sampai pertemuan-pertemuan yang tidak perlu justru membuat Anda dan mantan membuat keputusan yang akan disesali nantinya.

Berhenti menyalahkan
Kondisi emosional akan terus terganggu jika Anda terus-menerus membahas kesalahan mantan ataupun kesalahan Anda sendiri. Jangan lagi terpaku pada masa lalu. Jika memang ada kesalahan yang Anda perbuat di hubungan yang lalu, jangan lagi menyalahkan diri sendiri. Perbaikilah diri Anda agar sukses menjalankan hubungan di masa mendatang.

Nikmati kesendirian
Jangan terburu-buru memulai hubungan yang baru. Jangan pernah memulai hubungan karena alasan kesepian. Cobalah nikmati kesendirian Anda terlebih dahulu. Inilah saatnya Anda menikmati waktu dengan para sahabat juga keluarga. Terburu-buru memiliki hubungan baru justru memperbesar risiko Anda mengulangi kesalahan yang sama.

Jangan balas dendam

Balas dendam adalah salah satu tanda bahwa Anda belum rela melepaskan mantan. Lagi pula, tujuan balas dendam hanya akan menyakiti diri Anda sendiri. Berusaha membuat mantan cemburu dan sebagainya hanya akan membuat kesedihan Anda makin berlarut-larut.

Menjalankan hobi
Jika sebelumnya waktu Anda habis untuk berduaan dengan pasangan saja, inilah waktunya melakukan hal-hal yang Anda sukai tanpa memikirkan perasaannya. Anda bisa bersepeda, menyelam, atau sekedar menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan untuk melepas stres.

Bersyukur
Ini mungkin terdengar aneh, tapi yakinlah bahwa perpisahan mungkin jalan terbaik bagi Anda dan mantan untuk saat ini. Seperti yang telah ditulis pada poin pertama, keputusan berpisah bukanlah keputusan terburu-buru, melainkan sudah dipikirkan baik-baik. Mungkin saja perpisahan ini adalah jalan untuk mendapatkan seseorang yang lebih baik.

Bagaimanapun, perpisahan jangan dijadikan alasan untuk menarik diri dari kehidupan sosial. Perpisahan juga bukan alasan untuk “mengobral” diri kepada siapa pun yang Anda anggap menarik. Percayalah, segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan.

Jika Anda merasa perpisahan kali ini sangat menyakitkan, yakinlah, waktu yang akan menyembuhkan perasaan Anda. Semoga berbahagia!

Artikel:Jihan Candra Pratama

Sabtu, 25 Februari 2012

Perawatan Injeksi Motor

A-Z Perawatan Injeksi Motor : LEBIH MUDAH!!Perkembangan jaman sudah menyentuh dunia roda dua. Kalo dulu jamak sistem suplai BBM dengan
Perawatan Injeksi
karbu maka sekarang sudah beralih suplai BBM dengan sistem injeksi seperti pada mobil pada umumnya.
Takut pake motor injeksi ?. Sudah tidak jamannya lagi !. Yamaha udah membuktikannya dengan Vixion yang dijual secara masal dan Honda baru saja meluncurkan langsung dua motor injeksi yakni Spacy injeksi dan Supra X 125 Helm in injeksi. Di edisi ini, Ototrend memberikan guide perawatan sistem injeksi bersama Abu Dhardak Supervisor Training Honda di kawasan Honda Training Center, Gedangan, Sidoarjo dan Gatot pemilik Gaya Motor di kawasan Wonocolo, Sepanjang, Sidoarjo  bengkel rujukan moge. pid

PENGAPIAN 3 FASE : Perhatikan Sambungan Listrik Asesoris

Meninjau dari mekanisnya yang didominasi perangkat elektronik-mekanis, maka mesin injeksi mutlak mengalami ketergantungan dengan kondisi aki yang serba prima. Hal ini bisa ditinjau langsung dengan mekanis mesin injeksi, mulai awal start.

Pada saat kunci kontak berada di posisi on, fuel pump atau pompa BBM akan bekerja lebih dulu dengan mekanis electromagnet, tentu membutuhkan suplai arus listrik sebagai pengoperasinya.

Belum lagi mekanis fuel pressure regulator, yang bertugas menstabilkan tekanan BBM yang akan didistribusikan ke injektor. Baru setelah itu double starter yang dioperasikan, aturan ini yang wajib dipatuhi pemilik motor bermesin injeksi.

Berdasar dari sini, maka sistem pengapian motor injeksi dirancang menganut 3 fase DC, pengapian jenis ini biasa diterapkan pada motor yang memiliki kapasitas mesin di 250 cc dan ke atas.

Konsep pengapian 3 fase full DC ini, ada beberapa point yang penting diperhatikan, diantara nya ;

- Keberadaan kiprox, ketika mesin hidup suhu kiprox relatif hangat. Manfaatkan desain sirip kiprox sebagai pendingin. Untuk itu atur ulang posisi kiprox di bagian yang berpeluang mudah kena angin saat motor jalan, agar suhu kiprox tak terlalu panas.

- Hindari pemakaian asesoris yang berpeluang menguras suplai arus listrik, macam sirine, klakson. Terkecuali asesoris yang fungsional, macam spot light sebagai penerangan kondisi aspal. Aturan instalasi kabel jangan sampai main jumper atau ‘bendeng’, lebih baik langsung ambil dari pusat suplai arus listrik yakni dari aki dan serta saklar sebagai pengoperasinya. Bila perlu tambahkan relay sebagai pemutus dan penghubung arus listrik.   

-  Memperingan kerja aki, khusus menghidupkan mesin di pagi hari lakukan dengan menggunakan kick atau pedal starter. Dan sebisa mungkin hindari ketergantungan menggunakan double starter. Mengingat aki di motor injeksi, menjadi satu kesatuan mekanis injeksi dan bertugas cukup berat. 

- Hindari cara melepas aki sembarangan, paling benar lepas dulu kabel (-) aki, kemudian baru kabel (+). Sedang untuk pemasangannya, kebalikan dari langkah pembongkaran. Hal ini untuk menjaga terjadinya hubungan singkat dari arus listrik yang dikandung aki dengan perangkat lunak injeksi, macam ECM dan sensor-sensor.

- Hindari kebiasan membuat mainan kunci kontak mati nyala mati nyala, seperti yang dilakukan anak kecil. Sebab hal ini memicu terjadinya kerugian konsumsi arus listrik. Sebab, pertama kali kontak berada di posisi on, fuel pump langsung aktif bekerja.


THROTLE BODY: Hindari Cuci Semprot & Open Air Filter Di mesin yang pakai injeksi, throttle body dimanfaatkan sebagai pemasok udara murni dari boks filter dan debitnya diatur oleh bukaan throttle valve yang menganut model butterfly dan dikontrol oleh handgrip.

Efek kevakuman mesin, udara jadi terhisap ke intake manifold. Bersamaan dengan itu, sensor-sensor yang berada di throttle body, macam Intake Air Temperature sensor, Throtle Position Sensor dan Intake Air Pressure sensor membaca debit, tekanan dan suhu udara yang masuk sebagai input ke ECM. Baru setelah itu, injektor menyemprotkan kabut tipis di area intake manifold dan tercampur oleh udara.

Maka keberadaan throttle body layak diperhatikan, seiring dengan kelayakan mekanis nya. Apa saja yang rawan memicu timbulnya problem ?

- Musim hujan, memang pantas kalau pengendara menyimpan jas hujan di bawah jok yang lumayan praktis untuk menyimpan jas hujan. Tapi pengaruh buruknya, lubang intake ke box filter jadi tertutup oleh jas hujan. Boks filter jadi kesulitan untuk mensuplai udara untuk mengkonsumsi trottle body. Sehingga, Intake Air Temperature sensor, Throtle Position Sensor dan Intake Air Pressure sensor membaca kondisi semacam ini debit udara minim. Setelah input data terprogram Electronik Control Module, maka injektor akan diperintahkan menyemprot debit bahan bakar lebih sedikit. Kondisi stasioner tak bisa langsam, kalaupun dipakai jalan terasa brebet. Tapi, hal ini berlaku pada motor jenis sport saja. 

- Sebaliknya, tradisi buruk yang biasa diaplikasi adalah open filter, yakni melepas boks filter untuk memaksimalkan debit udara. Itu yang biasa terjadi di karbu, tapi kalau untuk injeksi hal ini nggak berlaku. Sebab, akan berpengaruh terhadap IAPS. Debit udara yang dikonsumsi terbaca lebih banyak, debit bensin dari injector jadi berlebihan dan tak sebanding dengan kecepatan motor. Jadi hindari tradisi open filter, untuk semua jenis motor injeksi, baik sport, bebek dan skutik.

- Mencuci motor dengan benar, inovasi bengkel cucian yang memanfaatkan kompresor berkombinasi air memang dikenal optimal membersihkan kotoran hingga level kerak-kerak di mesin. Tapi sisi negatifnya, tekanan air ini mudah memicu masuknya air dalam soket sensor yang ada di throttle body. Maka, setiap akan mencucinya di bengkel cuci, langsung pesan ke pegawai nya. Sebab, bengkel cuci motor juga banyak yang memahami pantangan menyemprot keberadaan soket sensor pada throttle body.


INJECTOR : Jangan Sampai Kehabisan BensinPembakaran BBM dan O2 (oksigen) yang sempurna itu, dihasilkan oleh perbandingan 14,7 jumlah O2 dan 1 BBM. Perbandingan berat jenis atau air fuel ratio, dimanfaatkan untuk menghasilkan power mesin besar serta irit BBM.  Maka, konsekuensi lain tak ada terkecuali menghadirkan injeksi di tengah masyarakat.  

Kalau karbu minimal mampu menghasilkan gas segar yang masih berupa bulir dan partikel, tapi injektor bisa mensuplai dalam bentuk kabut tipis. Kalau dikonotasikan dengan jenis gas segar yang ideal untuk pembakaran, maka kabut tipis dari injektor paling bagus untuk pembakaran. Tapi, durasi, timing, debit kabut tipis yang disemprotkan tetap berdasar dari sensor-sensor.

Bagian komponen injektor terdiri dari fuel strainer screen, spring, solenoid coil, fuel passage, plunger dan nozzle plate. Di motor jenis sport, bebek dan skutik, injector terpasang di intake manifold, jadi lebih dekat dengan ruang bakar dibanding posisi karbu pada umumnya. Bagaimana cara memperlakukan injektor yang baik ?

Dikhawatirkan beberapa jenis kerak tadi menghambat kelancaran naik turun plunger. Atau bisa juga menutup lubang injector. Perawatan swadaya bisa dimulai dengan pemakaian injector cleaner yang pemakaiannya dicampur dengan BBM dalam tangki. 

Masih terkait dengan BBM, usahakan jangan sampai kehabisan bensin. Piranti part apa yang paling mudah rusak ? Yakni fuel pump, sebab ritme naik turun membran atau difragma nya akan berubah menjadi sebuah vibrasi, efek minimnya beban yang dihisap yakni BBM. 

MEMILIH BUSI: Pilih Busi Yang Cegah Feedback Arus Listrik
Tak bisa macam-macam, apalagi ingin menggantinya jenis kompetisi. Sebab, mesin injeksi cocok nya memakai busi jenis R (Resistansi). Busi jenis ini mampu mencegah feed back arus listrik ke perangkat lunak injeksi, macam ECM dan sensor-sensor.

Selain itu juga mencegah timbul nya impedensi (frekwensi yang tak diinginkan) oleh ECM dan sensor-sensor, yang akan berpeluang mengacaukan input sensor-sensor. Hal ini penting untuk mencegah kerusakan ECM dan sensor sensor dalam jangka waktu panjang.
- :: -

INJEKSI HONDA LEBIH SIMPEL & INI LANGKAH PERAWATANNYA

Honda ogah membuat susah penggunanya, jadi sistem injeksi di motor Spacy dan Supra X-125 Helm In dibikin simpel aja. “Ada dua sensor dinonaktifkan yaitu MAP (Manifold Absolute Pressure) dan IAT (Intake Air Temperature). Jadi sensor yang terpasang tinggal Throttle Position Sensor (TPS), Engine Coolant Temperature (ECT), Crankshaft Position (CKP) dan O2 Sensor di dekat lubang buang. Sehingga kolong mesin tak disesaki lagi oleh komponen sensor-sensor. Masyarakat awam pun melihat nya lebih praktis dan simpel,“ buka Abu Dhardak, Supervisor Training Honda di kawasan Honda Training Center, Gedangan, Sidoarjo.

Kalau ditinjau dari fungsi perangkat sensor yang ditanggalkan serta sensor penggantinya yakni O2 sensor, memang ada persamaan data yang bisa dijadikan input ke ECM dengan tujuan sama. Bedanya, kalau O2 sensor membaca prosentase O2 hasil dari pembakaran, sedang MAP dan IAT membaca panas dan tekanan udara murni yang akan diproses.

Idle air screw
Terletak di throttle body, bertugas mengatur suplai udara yang dibutuhkan saat putaran stasioner, dengan memutar idle air screw atau baut setelan udara berkepala (+). Terbaru dan inovatif, saluran idle air ini didesain dalam bentuk membelok, sehingga tak mudah dimasuki blow by gas segar bersuhu tinggi dari ruang bakar. 

Rekomendasi pabrikan, setingan idle air screw berada di 2 putaran penuh. Kalau sampai tiba-tiba putaran stasioner terlalu rendah, dapat disebabkan idle air screw kurang membuka atau bisa juga disebabkan idle air screw nya mulai ditumpuki kotoran. Untuk memeriksanya pun tak perlu dilakukan pembongkaran, cukup lepas stelan udaranya.

Khusus di varian skutik, Honda menambahkan katup solenoid peninggi putaran stasioner (fast idle solenoid). Letaknya di samping idle screw. Berfungsi untuk memberikan saluran udara tambahan (by pass) dalam throttle body. Untuk menjaga putaran stasioner berada di titik produktif (stand by) kerja CVT, saat mesin dingin. Agar, respon speed tetap ringan.

Kalau perangkat ini tak membutuhkan maintenance, sebab dikemas paten macam perangkat coasting enricher pada karbu.

Filter BBMMasih berada di rangkaian komponen injeksi, untuk saringan BBM di dalam tangki, bisa dilakukan proses perawatan setelah menempuh 48 ribu Km atau 4-5 tahun sekali, sesuai dengan anjuran pabrik.

Tapi tak menutup kemungkinan perawatan ini bisa dilakukan lebih awal, berdasar dari jenis BBM yang paling sering dipakai. Serta berdasar dari kondisi tangki setiap hari, sering kosong, sering parkir di bawah terik matahari atau tangki penuh terus ? Sebab, reaksi dalam tangki sering kali menghasilkan uap air.

Sensor O2 Oksigen sensor digunakan untuk mengetahui konsentrasi oksigen pada gas buang.  selain itu, untuk mengetahui tekanan oksigen di dalam pipa, sebagai upaya untuk mengetahui ataupun mengontrol lapisan oksida yg terbentuk didalam dinding bagian dalam pipa.

Perawatan Injeksi

Dan khusus untuk sensor O2, karena berhadapan langsung dengan gas buang yang rawan menimbulkan kotoran dan deposit. Maka, setiap setahun sekali bisa dilakukan pengecekan kondisi mata sensor nya, agar akurasinya tetap lebih bagus. Hal ini berlaku buat varian bebek dan skutik Honda terbaru.

Pendiri Twitter Bilang, Jangan Kebanyakan Ngetweet

    Berapa kali dalam sehari Anda "berkicau"? Kalau kegiatan di layanan mikroblogging ini menyita waktu Anda selama berjam-jam, sebaiknya perhatikan peringatan dari pendiri Twitter, Biz Stone, berikut ini.Dalam sebuah konferensi Fortune Brainstorm Tech di Pasadena, California, Direktur Kreatif Twitter ini menyatakan menghabiskan waktu berjam-jam untuk ngetwit jelas tidak baik. "Bagi saya, itu tidak sehat," katanya seperti dikutip Telegraph, Minggu, 25 Februari 2012.
Menurut dia, situs jejaring sosial dengan lebih dari 500 juta anggota ini mulai membuat sebagian penggunanya overdosis atau kecanduan. Akibatnya, menurut Stone, ada yang "memelototi" akunnya selama lebih dari 12 jam.
    Bahkan ada pula yang protes kepada Twitter untuk menambah jumlah postingan agar lebih dari 140 karakter. Menurut mereka, kapasitas yang terlalu sedikit ini justru memicu orang untuk terus-terusan ngetwit.
   Tapi bagi Stone, itu bukan alasan. Dia menyarankan supaya "tweeps" secara bijak memakai layanan yang dibuatnya itu, misalnya untuk mencari informasi, dan jika sudah mendapatkannya, mereka kemudian mengerjakan aktivitas lain.
Namun Stone mengaku senang dengan semakin banyak orang yang memiliki kedekatan dengan layanan jejaring sosial buatannya itu. "Di situ Anda akan menemukan apa yang dicari dan belajar sesuatu," ujar pria 37 tahun ini.
"Saya tentu ingin keterikatan yang terjalin antara Anda dan Twitter menjadi hubungan yang sehat," katanya.
    Saat pertama kali meluncurkan Twitter, Stone justru memprediksi layanan ini akan gagal total karena menurut dia, itu tidak berguna. "Tak pernah ada yang menyangka bahwa Twitter adalah sebuah ide bagus," katanya. Tapi waktu itu Evan Williams, kolega Stone, membesarkan hatinya.
"Wlliams mengatakan, 'ibaratnya Twitter itu es krim, apakah kita akan melarang orang memakannya atau kita bisa memberikannya karena itu menyenangkan? Lalu apa yang salah dengan Twitter'," Stone berkisah.

Total Tayangan Halaman

Template by : kendhin x-template.blogspot.com