WELCOME TO CANDRA PRATAMA JIHAN BLOG

Selamat membaca isi dari bloger ini.Mungkin ada yang bermanfaat di dalam bloger ini...

.......GOOD LUCK......

Senin, 07 November 2011

Ada Cacing Hati di Sapi Kurban Gubernur Jabar

     Tujuh hewan kurban di Masjid Raya Jabar positif mengandung cacing hati. Cacing pipih itu terdapat dalam hati lima ekor sapi dan dua ekor kambing. Bahkan, cacing-cacing itu juga ditemukan pada hati sapi sumbangan dari Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Namun demikian, daging kurban dari sapi-sapi dan kambing yang dijangkiti cacing hati itu dinyatakan tak mempengaruhi kualitas daging kurban. "Artinya, dagingnya layak dikonsumsi," kata Pelaksana Pengawasan dan Pemeriksaan Mutu Hasil Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung, Bambang Heryanto di Bandung, Minggu 6 November 2011.

"Sedangkan hati yang mengandung cacing hati kita pisahkan untuk dibuang," lanjutnya.

Panitia kurban langsung mengamankan hati sapi dan kambing yang mengandung cacing itu. Total hati yang mengandung cacing hati itu seberat 12,5 kilogram. "Hatinya tak layak konsumsi. Berbahaya jika tetap dikonsumsi," kata Bambang.

Menurut Bambang, sapi dan kaming kurban itu bisa mengidap cacing hati karena saat hidup biasa diberi pakan basah. Akibatnya, hati hewan itu sangat memungkinkan untuk berkembangnya telur cacing.

Di Bandung, tambah Bambang, kasus cacing hati hewan kurban baru ditemukan di Masjid Raya. Belum ada laporan di tempat kurban lainnya. Namun, Bambang berjanji akan segera mengumpulkan data dari berbagai titik penyembelihan hewan kurban di Kota Bandung. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan bisa mengumpulkan data dari berbagai titik," ujarnya.

Pada Idul Adha kali ini total hewan kurban yang disembelih di Masjid Raya Provinsi Jawa Barat sebanyak tujuh ekor sapi dan lima ekor kambing. Daging hewan kurban tersebut akan dikemas menjadi 3.500 hingga 4.000 bungkus daging ukuran lima ons per bungkusnya.

"Hewan kurban itu sumbangan dari berbagai pihak, termasuk satu ekor sapi dari Gubernur Jabar," kata Kepala Seksi Komunikasi dan Informasi Masjid Raya Provinsi Jawa Barat Dudih Kamaludin.

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Template by : kendhin x-template.blogspot.com