WELCOME TO CANDRA PRATAMA JIHAN BLOG

Selamat membaca isi dari bloger ini.Mungkin ada yang bermanfaat di dalam bloger ini...

.......GOOD LUCK......

Jumat, 25 November 2011

Sayangilah Kota Surabaya

 Oleh:Jihan Candra Pratama





ANDA warga Surabaya yang baik? Jika ya, mari kita jaga bersama kota ini agar terus-menerus memberikan ketentraman,  keamanan dan kenyamanan bagi seluruh penghuninya. Mari kita sedikit beringan tangan, membantu aparat keamanan sesuai kemampuan dan cara kita untuk segalanya sesuatu yang terbaik bagi ketentraman kota dan warga ini.
Ledakan bom di sejumlah tempat di negeri ini, bagaimanapun nggegirisi kita semua. Pelaku bom yang tak punya moral, hati dan  juga tak takut Tuhan itu, kita tak tahu siapa sebenarnya. Pun keberadaan mereka dan kelompoknya. Mereka bisa muncul di mana-mana,  dengan tiba-tiba, seperti kemudian muncul di ibukota dan membuat semuanya berubah.
Bukan bermaksud menakuti dengan ajakan menjaga Surabaya kita. Namun, tragedi bom yang membuat siapa saja menangis sekaligus mengumpat hebat pada pelaku, adalah salah satu sinyal akan kesadisan teroris bom itu tak mau berhenti membuat bangsa ini tercabik-cabik, rusuh dan saling menuduh. Cukup sudah Jakarta dan korban-korbannya. Jangan ada lagi di manapun tempatnya.
Kita paham dan sangat sadar,  semakin hari, Surabaya dijejali penghuni dari berbagai daerah. Warga asli bercampur dengan wagra pendatang. Ada jarak –status sosial ekonomi maupun budaya—yang membuat dua golongan ini terpisah bahban mungkin juga saling curiga. Namun, kinilah saatnya jarak itu dipangkas habis. Semua penghuni kota ini adalah warga. Tak ada hal yang membanggakan dan menggembirakan sebagai wargam kecuali ikut menjaga ‘rumah’ besarnya ini semampunya.
Saatnya lah warga kota di manapun sadar, kebersamaan akan menjadikan kekuatan untuk memelihara keamanan Surabaya, Kepedulian yang tinggi, bahwa kota ini milik bersama yang harus terus dijaga dari segala gangguan luar, saat  ini adalah sesuatu yang tidak bisa diganggu-gugat. Inilah saatnya warga di mana saja, se antero Surabaya, memunculkan tekadnya.
Keberhasilan warga kota menjaga Surabaya, akan banyak  memunculkan faedah. Terpenting adalah hidup aman dan tentram. Tak kalah penting adalah memberikan bukti atas rasa aman pada pihak luar, bahwa  Surabaya patut dan layak menjadi jujugan untuk menanamkan modal, yang kemudian berdampak pada meningkatnya lapangan kerja di dalamnya.
Bila kita, warga kota sayang pada Surabaya, mari kita benar-benar kita jaga. Jangan kotori, jangan munculkan kerusuhan di dalamnya, terlebih karena hal-hal yang harusnya masih bisa didialog-kan. Menjaga Surabaya aman dan tentram, berarti membuat calon-calon perusuh berpikir berkali-kali, bila ingin memporak-porandakannya.
Kemarin, Jakarta getol mengkampanyekan ‘Jakarta Aman’. Akibat bom yang sudah berulang kali meledak di sana, mau tak mau mengharuskan Jakarta berbuat sesuatu untuk meyakinkan dunia manapun, bahwa kondisinya aman. Apalagi, Jakarta adalah ibukota, pusat pemerintah, pusat segala hal berbau modernisasi.
Maka, suasana kondusif  Surabaya  ini, yang tanpa melakukan kampanye aman, wajib kita jaga bersama.  Tak ada tawar-menawar lagi, Surabaya harus terus aman dan tentram. Bukan mengandalkan aparat keamanan yang kita tahu juga terus bersiaga. Kita, warga kota yang baik, sadar dan peduli, mari kompak  dan bertekad menjaga Surabaya. Siapapun dan di manapun anda.

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Template by : kendhin x-template.blogspot.com