WELCOME TO CANDRA PRATAMA JIHAN BLOG

Selamat membaca isi dari bloger ini.Mungkin ada yang bermanfaat di dalam bloger ini...

.......GOOD LUCK......

Kamis, 29 Maret 2012

Bonek Terdakwa Tanpa Pledoi Dan Bonek Bukan Perusuh

 BONEK BUKAN PERUSUH


Dari Pemberitaan Media Massa Yang Terus Menyudutkan Bonek, Menjadikan Bonek Menjadi Terdakwa Di Negeri Ini, Tetapi Sayangnya Bonek Adalah Terdakwa Tanpa Pledoi. Stigmatisasi Negatif Masyarakat Kepada Bonek Semakin Menguat.

Tidak Bisa Dipungkiri, Bahwa Paradigma Masyarakat Umumnya Menganggap Bonek Adalah “biang Kerusuhan”, Hal Ini Juga Tak Lepas Dari Stigmatisasi Med...ia Informasi Yang Mencitrakan Hal Tersebut. Memang Bonek Pernah Berbuat Rusuh, Tetapi Yang Perlu Diingat Adalah Kerusuhan Dalam Sepak Bola Indonesia Tidak Hanya Dimonopoli Oleh Bonek. Hampir Seluruh Elemen Suporter Di Indonesia Pernah Berbuat Rusuh, Bahkan Oleh Kelompok Suporter Yang Dianggap Terbaik Sekalipun. Entah Itu Dalam Bentuk Terkecil Seperti Melempar Benda-benda Keras Ke Lapangan Sampai Dengan Bentrokan Antar Suporter Yang Melibatkan Massa Dalam Jumlah Besar. Dan Ironisnya, Sekecil Apapun Tindakan Bonek, Hal Ini Langsung Menjadi Santapan Empuk Media Dalam Pemberitaan.

Media Massa Pun Sepertinya Menikmati Nuansa Bonek Yang Penuh Dengan Kekerasan Daripada Melihat Bonek Dari Sisi Yang Lebih Santun. Kemajuan Yang Diperlihatkan Bonek Dalam Pendewasaan Kelihatannya Tidak Menarik Bagi Media Yang Memang Lebih Menyukai Berita Yang Sensasional. “bad News Is Good News” Tetap Menjadi Tolok Ukur Media Massa. Spirit Sportivitas Dan Penerimaan Terhadap Hasil Akhir Yang Ditunjukkan Bonek Pun Tidak Menarik Bagi Media Massa. Di Musim Lalu, Dua Kali Kekalahan Di Kandang Sendiri, Dari Persipura Jayapura Dan Persik Kediri Dan Tidak Terjadi Kerusuhan Apapun Merupakan Kemajuan Yang Patut Dipuji Dari Bonek.

Sangat Patut Disayangkan, Stigmatisasi Dan Kriminalisasi Terhadap Bonek Yang Dilakukan Media Informasi Itulah Yang Sebenarnya Juga Semakin Memperburuk Attitude Bonek. Bagi Bonek Muda Performa Penuh Kekerasan Dan Brutalisme Dianggap Sebagai ‘kebenaran’, Dan Bagi Bonek Senior Performa Penuh Kesantunan Yang Pernah Ditunjukkan Seolah Lenyap Begitu Saja Oleh Pemberitaan Media, Hingga Mereka Berpikir Berbuat Baik Atau Tidak-pun Toh Media Dan Masyarakat Tetap Mengecap Bonek Sebagai “bad Boys”. Seolah-olah Bonek Memang Telah Menjadi Korban Dari Sebuah Teori Strukturalisme Yang Membutuhkan Kelompok Berpredikat 'bad Boys' (anak Nakal) Untuk Menentukan Kelompok Berpredikat 'good Boys' (anak Baik). Dan Ironisnya, Bonek-lah Yang Ketiban Sampur Untuk Diberi Predikat Sebagai “bad Boys”.

Stigmatisasi Dari Media Juga Yang Membuat Banyak Bonek Menjadi Antipati Pada Media. Tapi Saya Berharap, Tak Usahlah Bonek Memusuhi Media, Tapi Tunjukkan Pada Semua Media Informasi Bahwa Bonek Adalah Supporter Yang Santun Dan Selalu Berupaya, Mempunyai Itikad Dan Keinginan Untuk Menjadi Lebih Baik. Apa Yang Sudah Dicapai, Dengan Segala Kekurangannya. Bonek Tak Pernah Berharap Untuk Diberi Predikat Terbaik, Menjadi Lebih Baik Itu Lebih Dari Cukup.

Mari Jadikan Tragedi Ini, Sebagai Sebuah Pembelajaran. Bahwa Semangat Bonek Yang Egaliter, Yang Datang Karena Kecintaan Terhadap Persebaya Ternyata Juga Mempunyai Sedikit Kelemahan. Kelemahan Itu Ada Pada Koordinasi. Jangan Sampai, Karena Ulah Beberapa Orang Semuanya Ikut Terlibat Dan Merasakan Getahnya.

Memang Sudah Saatnya Bonek Menata Ulang Spiritnya, Sudah Waktunya Bonek Menjadi Satu Entitas Tunggal Dalam Satu Payung Organisasi. Satu Payung Lebih Mempermudah Dalam Hal Koordinasi, Konsolidasi, Edukasi, Bahkan Mungkin Advokasi Pada Bonek Yang Tertimpa Masalah Hukum. Tour Away Juga Lebih Bisa Tertata, Sehingga Ekses-ekses Negatif Yang Berpotensi Muncul Saat Tour Bisa Diminimalisir. Manajemen Klub Persebaya Pun Harusnya Juga Mulai Perduli Dengan Supporter, Karena Bagaimanapun Juga Baik Dan Buruknya Supporter Juga Turut Berperan Dalam Baik Dan Buruknya Nama Klub. Suporter Adalah Spirit, Jangan Hanya Pandang Supporter Sebagai Konsumen Belaka, Tetapi Rangkullah Supporter Sebagai Keluarga.

Salam Satu Nyali... Wani....!!!



Jihan Candra Pratama

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Template by : kendhin x-template.blogspot.com