WELCOME TO CANDRA PRATAMA JIHAN BLOG

Selamat membaca isi dari bloger ini.Mungkin ada yang bermanfaat di dalam bloger ini...

.......GOOD LUCK......

Selasa, 20 Maret 2012

Pantai Klayer,Pantai Terindah

Satu lagi pesona wisata Pacitan yang dikenal dengan Julukannya Kota 1001 Goa. Walaupun julukan itu membuat Pacitan identik dengan keberadaan Goa, yaitu Goa Gong, Tabuhan, Putri, Luweng Jaran tetapi pacitan juga menawarkan exotisme Pantainya. Selain pantai Teleng Ria yang berada di pusat kota, masih banyak pantai di Pacitan yang memiliki keindahannya, salah satunya adalah pantai  Klayar. Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
Asal nama Pantai Klayar sendiri berasal dari kata “klayar-kluyur” yang artinya jalan-jalan. Mungkin dikarenakan pantai ini menjadi tujuan dari orang yang ingin berlibur atau jalan-jalan. Lokasinya berjarak sekitar 35 kilometer ke arah barat dari kota Pacitan,  Kecamatan Donorojo sendiri adalah Kecamatan yang menjadi pintu masuk Pacitan dari arah Solo dan Jogjakarta. Jadi Pantai ini berada di pinggiran kawasan pacitan, tapi dekat dari akses transportasi yang berasal dari Solo dan Jogjakarta.
Panorama khas pantai-pantai di pesisir selatan Pacitan adalah pantai dengan ombak yang tinggi khas dari Samudera Hindia yang terus-menerus menggerus tebing kapur yang berjajar membentang dipesisir pantai. Komposisi laut samudera hindia dan wilayah karst inilah yang membentuk batuan-batuan exotis yang  berada di tepi pantai.  Itulah yang akan Anda temukan di Pantai Klayar. Tebing batu kapur dengan kemiringan tajam seperti menjenguk laut, memerhatikan dengan seksama lidah-lidah ombak berkejaran di pasir yang lembut. tebing kapur di sisi kanan dan kiri pantai, yang satu berwarna gelap, dan satunya lagi kehijauan mirip sebuah tower penjaga. di antaranya batu karang besar menyembul dari perairan dangkal dan akan mengingatkan anda dengan exotisme Tanah Lot di Bali.
Seruling Laut

Symphonie Batu Karang

Salah satu keunikan pantai Klayar adalah terkadang terdengar suara lengkingan unik seperti seruling yang mencabik-cabik udara. Inilah seruling laut. Batu karang penjaga pantai itulah peniup seruling yang tengah menghibur angin laut. Saat angin berembus melewati celah-celah sempit permukaan karang, berbelok arahnya dengan kekuatan yang tepat, maka timbulah bunyi lengkingan yang mendayu-dayu, sesekali berhenti, lalu berlanjut kembali.
Air Mancur Laut

Air Mancur Alami Keunikan Pantai Klayar

Pantai Klayar masih menyisakan fenomena alam lain berupa air mancur laut. Air mancur tersebut terbentuk dari gigisan abrasi yang menjebak air pasang ke dalam celah karang. Gua karang tersembunyi di dalam air. Tekanan ombak diteruskan oleh air sehingga menekan sebagiannya membentuk air mancur tegak lurus melewati celah kecil di bagian atas permukaan karang. Ketinggian air mancur laut itu bisa mencapai sepuluh meter dan menimbulkan gerimis. Penduduk setempat meyakini gerimis itu berkhasiat sebagai obat awet muda. Sayang, tidak dijelaskan dari mana mitos ini berasal.
Patung Sphinx alami

Sphinx Alami Pantai Klayar

Pulau-pulau karang berkontur menghiasi permukaan Pantai Klayar yang selalu rutin setiap saat tergerus oleh kerasnya ombak khas pantai selatan. Jika diperhatikan dengan saksama, gugusan karang itu membentuk  sebuah bentuk-bentuk artistik. Beberapa di antaranya membentuk seperti patung Sphinx.
Rute


Peta Kabupaten Pacitan
Jika Anda menempuh perjalanan dari Yogyakarta atau Solo menuju kota Pacitan. Masuk ke wilayah Pacitan anda akan disambut oleh Kecamatan Donorojo lanjutkan perjalanan hingga perempatan Kalak. Dengan kecepatan sedang, dari Kalak hanya dibutuhkan waktu satu jam untuk tiba di Pantai Klayar.
Untuk Arah dari Surabaya, Malang dan Arah Trenggalek, silahkan menuju Kota Pacitan dan lanjutkan menuju kecamatan Donorojo.
Jihan Candra Pratama

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Template by : kendhin x-template.blogspot.com